RSUD Nganjuk, Maksimalkan Pelayanan Persalinan dengan si Jari Emas

RSUD Nganjuk, Maksimalkan Pelayanan Persalinan dengan si Jari Emas
NGANJUK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk terus berkomitmen meningkatkan pelayanan untuk para pasien. Termasuk, pelayanan persalinan dengan sistem informasi jejaring rujukan expanding maternal and new born survival atau yang lebih dikenal dengan si Jari Emas.
          Sistem jejaring persalinan ini tak dimiliki oleh setiap rumah sakit di Indonesia. RSUD Nganjuk sengaja menerapkan sistem ini agar masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk bisa mendapatkan pelayanan terbaik saat melakukan persalinan. Dengan si Jari Emas, RSUD Nganjuk sudah terhubung dengan para bidan yang membuka praktik mandiri.
          Sehingga, jika ada ibu hamil yang melahirkan di tempat bidan namun membutuhkan pertolongan medis yang lebih darurat, bidan hanya perlu mengirim SMS atau pesan pendek ke RSUD Nganjuk. Kemudian, pihak rumah sakit akan segera merespons dan menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan.
Teknisnya, setelah bidan melakukan SMS dan telah mendapat respons, bidan akan mengantar ibu hamil ke instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Nganjuk. Setibanya di IGD, ibu hamil akan ditangani langsung oleh tim si Jari Emas. “Jadi lebih cepat membantu penanganan ibu hamil yang sedang melahirkan,” ujar Kabid Humas RSUD Nganjuk Eko Santoso, kemarin.
Eko mengatakan, si Jari Emas adalah sistem yang sudah terkomputerisasi. Jadi, setiap data maupun SMS yang yang masuk sudah saling terintegrasi. Bahkan, terintegrasi hingga ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk. “Lebih cepat untuk diketahui dan ditindaklanjuti,” lanjut Eko.
Eko menambahkan, tindakan yang dilakukan oleh tim si Jari Emas tidak hanya sebatas di IGD saja. Jika ibu hamil itu masih memungkinkan untuk melahirkan di ruang persalinan, pasien akan dirujuk ke ruang persalinan. “Agar semakin maksimal dalam membantu pasien melahirkan,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Nganjuk dr Nerry Rinani menambahkan, si Jari Emas merupakan program yang sangat efektif membantu ibu hamil yang akan melahirkan. Terutama, ibu hamil yang membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut. Ia mengatakan, sudah banyak ibu hamil yang terbantu dengan adanya si Jari Emas. “Alhamdulillah, dapat tertolong baik ibu maupun bayinya,” ujar Nerry.
Nerry berharap, dengan adanya si Jari Emas akan memberi manfaat bagi ibu hamil yang akan melahirkan maupun bidan yang menolong. “Semoga turut membantu menekan angka kematian ibu dan bayi dari proses melahirkan,” pungkas perempuan berparas cantik itu.(ik3/adv/ut)
Sumber : Radar

0 Response to "RSUD Nganjuk, Maksimalkan Pelayanan Persalinan dengan si Jari Emas"

Post a Comment