Maksimalkan Sumber Daya Pertanian

BERBEK – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Masduqi mengajak petani di Kota Angin untuk memaksimalkan sumber daya pertanian. Hal tersebut diungkapkan Masduqi di sela-sela mengunjungi praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) di Desa Sumberurip Kecamatan Berbek, kemarin.
Masduqi mengatakan, pemanfaatan sumber daya pertanian dengan maksimal akan mampu meningkatkan daya saing produk pertanian lokal melawan produk asing. “Agar petani lebih mendapat manfaat dari setiap hasil panennya,” ujar Masduqi yang kemarin mewakili Bupati Taufiqurrahman itu.
Di depan sejumlah masyarakat yang berkumpul di Kecamatan Berbek, Masduqi meminta masyarakat untuk tidak malu menjadi petani. Terutama, para generasi muda yang saat ini hanya sebagian kecil saja mau menekuni pekerjaan sebagai petani. “Tidak perlu malu, karena petani juga pekerjaan yang baik,” sambung Masduqi.
Dengan terjunnya generasi muda di bidang pertanian, Masduqi berharap ke depan akan muncul petani-petani hebat dari Indonesia. Khususnya dari Kabupaten Nganjuk. Sehingga, dari sisi pertanian nama Kabupaten Nganjuk semakin harum. “Mungkin menemukan benih, alat pertanian, atau teknik menanam yang baru. Tentu akan sangat membanggakan,” tandasnya.
Untuk diketahui, selain mengajak masyarakat kembali bertani, dalam kesempatan kemarin Masduqi juga memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat. Mulai dari bantuan sembako, hand tractor, hingga bibit tanaman untuk ditanam oleh masyarakat.
Bantuan-bantuan itu tak hanya diberikan untuk warga di Desa Sumberurip, Kecamatan Berbek. Melainkan juga untuk sejumlah warga di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, yang juga menjadi tempat KKN mahasiswa Unair.
Tak hanya memberikan bantuan, dia dua lokasi tersebut Masduqi juga mengunjungi stan pameran karya mahasiswa. Mulai sejumlah kerajinan tangan, makanan dan pernak-pernik hasil kreasi mahasiswa.
Di depan para mahasiswa, Masduqi memberikan apreasiasi positif. “Ini bagus sekali,” kata Masduqi saat melihat hasil kerajinan tangan berupa bunga. (ik3/adv/ut)
Sumber : Radar

0 Response to "Maksimalkan Sumber Daya Pertanian"

Post a Comment