Kelurahan Payaman dan Cangkringan Siap Menuju Madya

NGANJUK – Setelah sebelumnya melakukan evaluasi di Kelurahan Kramat dan Kartoharjo, Kamis (4/2) kemarin giliran Kelurahan Payaman dan Kelurahan Cangkringan dikunjungi tim evaluasi dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur. Kedatan timini setelah mendapat usulan dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Nganjuk agar kedua kelurahan itu naik predikat dari Berseri Pratama menjadi Berseri Madya tingkat provinsi.
Plt Kepala KLH Kabupaten Nganjuk Totok Prastowo mengatakan, Kelurahan Payaman dan Cangkringan memang sudah layak untuk naik peringkat ke tingkat Madya. Sebab, banyak terobosan dan peningkatan peran serta kader lingkungan hidup maupun masyarakat setempat dalam pengelolaan lingkungan hidup. “Makanya, kita usulkan menjadi Madya agar menambah semangat para kader dan masyarakat,” ujar Totok.
Lebih jauh Totok mengatakan, usulan peningkatan predikat kedua kelurahan itu tak lepas dari campur tangan Bupati Nganjuk Taufiqurrahman. Menurut Totok, peran bupati sebagai Pembina Kelurahan Berseri melalui KLH Kabupaten Nganjuk, adalah salah satu faktor pelecut semangat ibu-ibu kader lingkungan hidup. “Terutama semangat mengubah lingkungan menjadi ijo royo-royo,” sambung Totok.
Dalam evaluasi kemarin, tim evaluasi mengunjungi Kelurahan Payaman pada pagi hari. Di kelurahan yang tepat berada di tengah kota itu, tim merasa kagum dengan suasa asri yang ada di gang belakang kantor Kelurahan Payaman.
Di situ, tim yang beranggotakan Tri Wahyu Nugroho, Muklis Ardiansyah serta Risnani Puji Lestari dari LSM M-Queen yang bergerak di bidang daur ulang sampah nampak terkessan dan kagum. Bahkan, salah satu anggota tim evaluasi mengatakan betah jika boleh berlama-lama di gang selebar tima meter itu. “Sangat tenang, indah dan sejuk di sini. Bikin betah,” ujar Tri Wahyu Nugroho.
Usai dari Kelurahan Payaman, pada siang hari giliran Kelurahan Cangkringan yang dikunjungi tim evaluasi. Di kelurahan yang terletak di sisi paling barat Kecamatan Nganjuk itu, tim evaluasi mengutarakan pujian yang positif pula. Muklis Ardiansyah, anggota tim evaluasi yang tahun lalu berkunjung di Kelurahan Cangkringan mengatakan ada peningkatan yang dilakukan oleh masyarakat.
Ia menyebut, peran serta masyarakat dalam ikut mengelola lingkungan sudah sangat berkembang pesat. “Sangat baik, dan harus terus ditingkatkan lagi peran masyarakatnya,” urai pria yang berdomisili di Surabaya itu.

Dengan positifnya sambutan dari tim penilai itu, Sulvy Vindhu salah satu staf KLH Kabupaten Nganjuk berharap target menuju Berseri Madya menjadi terwujud. “Dan untuk kelurahan lain, maksimalkan peran dalam mengelola lingkungan agar mendapat predikat berseri pula,” tutup wanita berjilbab itu.(ik3/adv/ut)
Sumebr : Radar

0 Response to "Kelurahan Payaman dan Cangkringan Siap Menuju Madya"

Post a Comment