Ketua DPRD Nganjuk, Terima aksi unjuk rasa pengusaha tambangan Kelutan

Jembatan Kelutan – Papar
NGANJUK - Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Drs. Puji Santoso Selasa (2/2) siang menemui perwakilan pengunjuk rasa dari pengusaha dan pekerja perahu penyeberangan (tambangan) dari Ds. Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk di ruangannya.
Aksi ini dilakukan guna mengadukan kelanjutan nasib mereka pasca beroperasinya Jembatan Kelutan – Papar yang segera dibuka. Salah satu juru mudi perahu tambangan mengungkapkan bahwa mereka sebagai bagian dari masyarakat Nganjuk yang menggantungkan hidupnya dari usaha tambangan. Mereka meminta kepada DPRD untuk memperjuangkan nasib mereka dan meminta ganti rugi terkait beroperasinya Jembatan Kelutan-Papar.
“Kita kesini untuk minta kompensasi, karena jika jembatan sudah beroperasi, usaha kami dipastikan gulung tikar. Itu artinya kita tidak bisa menggantungkan hidup lagi dari hasil tambangan. Padahal selama ini kami menggantungkan penghasilan dari usaha tambangan tersebut “ keluhnya.
“Kami berharap ada kompensasi dari pemerintah daerah. Karena kompensasi tersebut akan kami jadikan modal untuk usaha baru. Entah dengan mencari lokasi baru ataupun membuat usaha baru dibidang lain ,” harap Ilyas .

Baca juga : Jembatan Kelutan Akan Diresmikan, Bupati Nganjuk Sarankan Pengusaha Perahu Beralih ke UMKM

Seperti diketahui, disekitar Jembatan Kelutan yang menghubungkan Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri, selama ini beroperasi 4 perahu penyebrangan. Ada sekitar 40 pekerja di perahu tambangan beserta para pengusaha yang menjalankan bisnis ini.
Pengajuan kompensasi oleh para pengusaha tambangan ini dibenarkan oleh Ketua DPRD Nganjuk, Drs. Puji Santoso. “Para pengusaha perahu tambangan ini datang ke DPRD nganjuk untuk menyampaikan permasalahan yang dialami. Mereka meminta kompensasi karena otomatis usahanya akan merugi setelah jembatan Kelutan –Papar beroperasi,” Ungkapnya.
Belia juga berjanji akan menindaklanjuti aspirasi para pengusaha tersebut ke eksekutif. Beliau berharap agar persoalan ini segera teratasi. Meski tidak bisa dipungkiri pembangunan jembatan ini menimbulkan dampak positif dan negatif bagi yang lain. “Terkait apa yang disampaikan mereka, DPRD Kabupaten Nganjuk akan meneruskan ke dunas terkait,”imbuhnya. (Tim) 
Sumber : dprdnganjukkab

0 Response to "Ketua DPRD Nganjuk, Terima aksi unjuk rasa pengusaha tambangan Kelutan"

Post a Comment