Disetujui 6 Daerah, Lingkar Wilis Segera Jadi Wisata Andalan Jatim

Proyek Lingkar Wilis yang bakal disulap jadi destinasi pariwisata andalan di Jawa Timur, saingan Gunung Bromo. Saat ini telah memasuki tahap Detail Engineering Desain (DED). Bahkan, proyek yang melingkari wisata di enam daerah di Jatim ini sudah mendapat persetujuan pemerintah daerah masing-masing.

"Konsep lingkar wilis ini sudah disetujui oleh masing-masing pemerintah daerah, sehingga destinasi wisata akan segera terwujud. Yang jelas sekarang sudah masuk tahapan DED," kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, di Surabaya, Senin (1/2/2016).

Enam daerah itu, yakni Kabupaten Madiun, Trenggalek, Ponorogo, Tuluagung, Kediri dan Nganjuk. Pakde Karwo, sapaan akrabnya, optimis lingkar wilis akan menambah potensi wisata pengunjung ke Jatim.

"Dengan begitu tentu akan meningkatkan perekonomian setempat. Lingkar Wilis ini kami jamin bakal menjadi wisata andalan turis domestik maupun mancanegara," katanya.



Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Jarianto, mengatakan potensi wisata di daerah tersebut berupa destinasi yang melingkari Gunung Wilis seperti cincin.

"Makanya dinamakan Lingkar atau Cincin Wilis," ujarnya.

Di lingkar wilis, kata dia, Pemprov Jatim menjual keindahan alam yang luar biasa. Tingkat suhu udaranya lebih dingin dibanding daerah Gunung Bromo. Sehingga bakal menyaingi Bromo sebagai wisata andalan di Jatim.

"Sejumlah fasilitas seperti penginapan villa, tempat kuliner, dan tempat santai juga nantinya akan dibangun di Lingkar Wilis," kata dia.

Proses pembangunan Lingkar Wilis ini melibatkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dan dinas terkait lainnya.

"Mereka yang kami libatkan bertugas mengurus pembangunan jalan, pengairan dan yang lainnya," tandasnya.
LDS
sumber : metro

0 Response to "Disetujui 6 Daerah, Lingkar Wilis Segera Jadi Wisata Andalan Jatim "

Post a Comment